Food Tech Students University

Food Tech Students University
Plan Protection Day 2013 | UNPAD

Kamis, 20 Maret 2014

Bawang Merah

     Pengertian bawang merah Bawang merah atau Brambang (Allium ascalonicum L.) adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas. Asal Tanaman Bawang Merah Tanaman bawang merah diduga berasal dari Asia, terutama Palestina, India, Utara Pakistan dan daerah pengunungan Iran dan juga berkembang ke Mesir dan Turki. Dari berbagai penelusuran dalam literatur, menunjukan bahwa zaman I dan II Dynasti (3200 - 2700 sebelum masehi) bangsa mesir sering melukiskan bawang merah pada patung dan tugu-tugu mereka. Di Israel, tanaman bawang merah dikenal pada tahun 1500 SM. Hingga sekarang hampir diseluruh negara di dunia ini mengenal bawang merah. Negara-negara yang menjadi produsennya antara lain; Jepang, USA, Rumania, Italia, Iran, Meksiko, Vietnam, China, dan Philipina. Manfaat Bawang Merah Siapa yang tak mengenal bumbu masakan yang satu ini? Bawang merah, tak hanya populer dalam dongen nusantara, ia juga primadona di dalam dunia kuliner. Tanpa bawang merah, rasanya masakan Asia Tenggara termasuk Indonesia tak akan terasa geregetnya. Memang bawang merah ini merupakan salah satu komoditi yang penting. Tapi tunggu dulu, tak hanya dalam hal kuliner, bawang merah ini juga ternyata memiliki sejumlah khasiat penting dalam dunia pengobatan tradisional hingga modern. 
     Manfaat bawang merah ini kabarnya jauh lebih efektif jika digunakan dalam keadaan mentah. Apa sajakah khasiat yang dimaksud? Simak poin demi poin berikut ini: 
1. Pernahkan Anda bertanya mengapa nenek moyang kita mewariskan kebiasaan menyantap sate dengan bawang merah mentah? Ini bukan hanya persoalan selera tetapi juga untuk melindungi tubuh dari ancaman kanker. Tahukah Anda bahwa karbon yang ada pada sate merupakan pemicu kanker? Nah, bawang merahlah yang menetralkan ancaman karbon pada sate. Kandungan senyawa sulfide pada bawang merah memang dikenal baik dalam menangkal kanker mulai dari payudara, usus, paru-paru, prostat dan lain-lain.
2. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk melindungi kesehatan jantung. Bawang merah mentah memang dikenal ampuh mengontrol tekanan darah dan juga membuka pembuluh darah yang sebelumnya tersumbat. 

3. Dengan mengunyah bawang merah mentah, secara tidak langsung Anda tengah membunuh kuman sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut Anda. Karena itu, setiap hari luangkanlah waktu mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali. Hal ini akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi Anda. 
4. Apabila Anda atau kerabat Anda memiliki keluhan jerawat, cobalah menjus bawang merah dan tambahkan madu serta minyak zaitun ke dalamnya. Konsumsi sehari sekali dan lihatlah, jerawat Anda akan hilang dalam tempo waktu yang singkat. 
5. Jika Anda mengalami nyeri pada perut, konsumsilah jus bawang merah agar nyeri tersebut segera reda. Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat anti-radang. Senyawa ini akan membantu meringankan sakit pada perut Anda. 
6. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk meyeimbangkan urin. Caranya, minumlah air rebusan bawang merah sebanyak 7 gram. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan nyeri atau rasa panas yang muncul saat buang air kecil. 
7. Bawang merah dikenal baik untuk mereka yang terkena penyakit jantung sebab kandungannya mampu membantu penipisan darah. 
8. Manfaat bawang merah selanjutnya adalah untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Caranya, cukup kunyah beberapa bawang merah mentah. Lakukan hal ini hingga keluhan Anda perlahan hilang. 
9. Bawang merah juga bisa mengobati keluhan seperti masuk angin dan juga persendian yang terganggu. Caranya cukup mudah, campurkan bawang merah yang telah digerus bersama dengan minyak kelapa hangat. Gunakanlah layaknya minyak yang biasa Anda pakai mengurut. Minyak bawang merah ini juga bisa menghangatkan tubuh Anda. Khasiat bawang merah Sejenis tanaman bawang merah adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu yang berbagai masakan di negara asia tenggara bahkan dunia. Bagi orang jawa mengenalnya berbagai Brambang. Dan bagian yang paling banyak sekali di manfaatkan adalah umbi, meskipun di beberapa tradisi kuliner dan juga menggunakan daun serta tangkainya, Bunganya sebagai bumbu penyedap makanan atau masakan. Tanaman ini telah terbukti paling banyak beasal dari daerah Asia tengah dan Asia tenggara. Beberapa Khasiat Dan Manfaat dan kandungan kesehatan dari bawang merah untuk pengobatan, Sebagai berikut di bawah ini. 
1. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Pencegahan kanker : Bawang merah ini kaya senyawa aktif yang berhasil menghambat perkembangan Sel-sel kanker. 
2. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Mengurangi Earache : Beberapa Tetes Jus bawang merah ini Benar-benar Telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita dari akut sakit telinga, Dan suara dering pada telinga dapat di sembuhkan dengan mererapkan Jus bawang merah melalui kapas. 
3. Seperti yang telah kita ketahui Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah untuk mengobati berbagai penyakit manusia Seperti, Tumor, Batuk persisten dan dingin, Praktisi pengobatan telah menganggap bahwa ini sebagai bentuk tanaman yang sangat sempurna untuk menghilangkan Sindrom penyakit. Dengan mengkomsumsi bawang merah tersebut dapat membantu dalam pencegahan perut dan kanker payudara. 
4. Pengobatan intik anemia : Dan bahkan kondisi anemia dapat di tingkatkan dengan memakan bawang merah bersama dengan Jaggery dan air. 
5. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Meredakan sakit Perut : Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi Dan anti bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut dan sidrom gastro yang terkait.
6. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Mengobati Gangguan Urin : Bagi Orangorang yang menderita rasa terbakar pada saat membuang air kecil, Bawang merah dapat memberikan bantuan yang cukup besar. Nah bagi si penderita gangguan Urin tersebut harus meminum air bawang merah dengan merebus 6 sampai 7 gram bawang merah tersebut.
7. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk diabets melitus : Dari salah satu zat yang terkandung di dalam bawang merah ini adalah Tolbutomid yang ternyata bisa membantu untuk mengontrol gula darah di dalam hati. dan mengatur pelepasan insulin juga mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin di dalam tubuh.
8. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk manfaat sebagai pengganti amoniak : Aroma, Bau yang di miliki pada bawang merah sangatlah terasa menusuk kedalam hidung, dan meransang darah, fungsi pernafasan, juga fungsi saraf. Hal seperti ini dapat membantu dalam pemberian pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadar diri atau pingsan.
9. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Wasir dan obat cacing
10. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mencegah terjadinya gumpalan darah : caranya seerti, dengan memperbanyak mengkomsumsi bawang merah yang mentah secara rutin.
11. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk sebagai pembunuh bakteri.
12. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengencerkan dahak dan membantu dalam menyembuhkan radang Paru-paru.
13. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mencegah terserang penyakit TBC.
14. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membantu pada ketika anda susah buang air kecil.
15. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati penyakit jantung.
16. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membantu meningkatkan gairah
17. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mencegah terserang penyakit kanker : Bawang meah ini merupakan sejenis Rempah-rempah yang kaya akan senyawa aktif yang mampu menghambat perkembangan Sel-sel kanker.
18. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk menghilangkan adanya mata ikan pada kaki.
19. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membunuh kuman di mulut : Bawang merah ini ternyata sering di gunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada gigi dan infeksi di mulut, Caranya seperti dengan mengunyah bawang merah mentah mentah, Maka akan menghilangkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut.
20. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati jerawat pada wajah : Jus yang terbuat dari bawang merah, Madu dan minyak zaitun ternyata dapat membantu dalam pengobatan dan peratan jerawat. 21. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati luka akibat sengatan serangga : Nah bukan hanya untuk mengobati jerawat saja Jus bawang merah ternyata juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh sengatan serangga seperti, Lebah, Kalajengking, Justru, bawang merah yang telah menjadi jus atau pasta dapat diaplikasikan pada daerah yang tersengat atau di gigit oleh serangga, dan rasa sakit akan beransur-ansur hilang. Khasiat Bawang Merah antara lain : o menolak racun o menimbulkan syahwat atau disebut dengan Obat kuat ( Solusi bagi yang lemah syahwat ) – Obat kuat bagi para lelaki dan menambah hasrat bagi wanita. o menghilangkan mual dan muntah o menambah butir butir sperma ( Solusi bagi yang menderita sprema encer dan sulit punya anak ) o Melancarkan air kencing o Menjaga kesehatan perut ( ga mudah terkena maag dan penyakit perut lainnya ) Pengolahan Lahan untuk Tanaman Bawang Merah Lahan atau tanah merupakan sumberdaya alam fisik yang mempunyai peranan penting dalam usaha tani. Karena pentingnya peranan lahan atau tanah dalam kehidupan manusia, maka ketersediaannya juga jadi terbatas. Secara teoritis, lahan kering di Indonesia dibedakan dalam dua kategori, yaitu : (i) Lahan kering beriklim kering, banyak terdapat di kawasan timur Indonesia, dan (ii) Lahan kering beriklim basah, banyak ditemui di kawasan barat Indonesia. Pendayagunaan lahan atau tanah memerlukan pengelolaan yang tepat dan sejauh mungkin mencegah dan mengurangi kerusakan dan dapat menjamin kelestarian sumber daya alam tersebut untuk kepentingan generasi yang akan datang. Pada sistem lingkungan tanah, usaha-usaha yang perlu dikerjakan ialah rehabilitasi, pengawetan, perencanaan dan pendayagunaan tanah yang optimum ( Soerianegara, 1977 ). Apabila pengolahan tanah secara lestari telah dikuasai masyarakat pedesaan, maka tidak akan ada kritis mata pencaharian yang menyebabkan tanah menjadi kritis. Pengendalian teknologi pengolahan tanah secara lestari adalah sederhana, tidak memerlukan peralatan serba modern (canggih) dan pendidikan tinggi. Azas pengelolaan lahan adalah menciptakan lingkungan perakaran yang dalam, mempertahankan kemampuan tanah menyimpan air dan mengedarkan udara, tindakan terakhir adalah memperkaya tanah dengan zat hara tersedia untuk akar. Zat hara tersebut didapat dari pupuk buatan, pupuk kandang (kotoran ternak) dan mulsa atau pupuk hijau. 

 1 Tujuan Pengolahan tanah adalah agar tanah jadi gembur, subur banyak mengandung/menyimpan unsur hara, mudah untuk pertumbuhan tanaman serta mudah untuk berkembangan perakaran tanaman. Proses pengolahan Tanah yang sudah kosong kering (tanpa ada tanaman) diolah pada kondisi kering sebelum musim hujan dengan cara dicangkul, dibajak/traktor, atau dibalik menggunakan garpu terlihat bongkahan-bongkahan tanah. Untuk tanah kering yang masih banyak gulma kita perlu melakukan pembersihan gulma dengan cara dibabat, dicabut sehingga bebas dari tanaman/gulma selanjutnya tanah diolah dengan dicangkul atau ditraktor kemudian diberi bahan organik (pupuk hijau, pupuk kandang, kompos) sebanyak 5-10 t/ha. 1. Setelah ada hujan/musim hujan tiba tanah di di olah kembali dengan cara dibajak ulang, digaru untuk mengancurkan bongkahan-bongkahan tanah hingga rata. Atau dapat pula dilakukan secara olah tanah sempurna (OTS), olah tanah minimum (OTM), Tanah yang tidak terkena traktor/bajak dincangkul selanjutnya di buat bedengan dan parit serta pematang untuk batas petakan. biarkan + 1 minggu, ibuat bedengan dengan lebar 120 -180 cm Diantara bedengan pertanaman dibuat saluran air (canal) dengan lebar 40-50 cm dan kedalaman 50 cm. Apabila pH tanah kurang dari 5,6 diberi Dolomit dosis + 1,5 ton/ha disebarkan di atas bedengan dan diaduk rata dengan tanah lalu biarkan 1 minggu. Kemudian pupuk kandang ditutup dengan tanah dan permukaan guludan dibuat rata. Pada musim penghujan permukaan guludan dibuat agak lebih tinggi agar tidak terendam air hujan. Tinggi guludan pada musim kemarau 30 cm dan musim hujan 40 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar